News Ticker

Menu

Choco Broo, Coklat Sehat dari Mahasiswa UB

JAKARTA - Siapa tidak suka coklat? Makanan ini memiliki penggemar yang sangat beragam. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Baik pria maupun wanita. Namun, bagaimana jadinya jika coklat dikombinasikan dengan sayur seperti brokoli?

Ide tersebut yang direalisasikan oleh empat mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (THP) Universitas Brawijaya (UB) Malang. Menamai diri mereka 4 Serangkai Malang, Hannes Dwi N, R Aj Nura Irma H, Walidatii Ikhda K U, dan Zulyaningsih melahirkan produk coklat terbaru berupa vegetable chocolate praline "Choco Broo".

Di bawah bimbingan Jaya Mahar Maligan dan Feronika Happy, keempat mahasiswa itu memanfaatkan kandungan kandungan gizi brokoli untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya brokoli, mereka juga menambahkan kacang tanah yang dipercaya memiliki khasiat yang sama.

JAKARTA, "Brokoli dari suku kubis-kubisan atau Brassicaceae dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku utama produk pangan fungsional karena tanaman bernama latin Brassica oleracea var Italica ini mengandung karbohidrat, protein, lemak,  serat, air, mineral dan bermacam vitamin terutama vitamin C dan E," kata Hannes, seperti dinukil dari laman resmi UB Prasetya Online, Minggu (4/5/2014).

Hannes menambahkan, brokoli juga mengandung sulforafan, senyawa yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjadi kekuatan utama untuk melawan infeksi dan inflamasi. Kandungan sulforafan pada brokoli mampu mendetoksifikasi tubuh dan secara efektif akan mengeluarkan penyebab inflamasi.

Berbagai penelitian juga membuktikan, kandungan brokoli dapat menangkap radikal bebas sehingga baik sekali bagi kesehatan. Selain brokoli, Hannes dan kawan-kawan  juga menggunakan kacang tanah karena mengandung vitamin E yang merupakan sumber antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Rasa kacang tanah yang khas tentunya juga merupakan nilai tambah tersendiri pada produk ini. Sementara coklat sengaja kami pilih karena disukai semua lapisan masyarakat dari berbagai usia," paparnya.

Choco Broo merupakan suatu produk makanan berbentuk bulat yang dibuat dengan mengombinasikan brokoli dan kacang tanah yang dilapisi cokelat serta dilengkapi topping rice crispy. Choco broo diproses secara sederhana melalui proses pemanasan minimal guna mempertahankan kandungan gizi bahan aslinya.

Satu sajian Choco Broo sudah mengandung zat gizi lengkap berupa karbohidrat yang berasal dari rice crispy, protein dari kacang tanah, lemak dari cokelat serta vitamin dan mineral dari brokoli. 

Sumber : Okezone.com

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Choco Broo, Coklat Sehat dari Mahasiswa UB "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM