News Ticker

Menu

Mahasiswa Unhas Bakti Sosial di Pedalaman Sulawesi Selatan

Keluarga Mahasiswa Kehutanan Sylva Indonesia (PC) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Bakti Sosial di SD 205 Inpres Moncong Jai, Cenrana, Maros, Sabtu, (10/05/2014). Bakti sosial ini mengususung tema “Membawa Dunia ke Rimba”.

Tempat mahasiswa bakti sosial tersebut terletak di perbatasan antara Taman Nasional Bantimurung Bulussaraung dan Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin. Lokasi tersebut hanya dapat diakses dengan berjalan kaki selama 4 jam dari jalan Poros Camba, Maros.

Secara administrasi Siswa SD Moncong Jai berjumlah 41 siswa, tetapi siswa aktif hanya sekitar 27 orang. Seluruh siswa tinggal dalam kawasan hutan. Masyarakat di sana memiliki tingkat penggunaan bahasa Indonesia dan kesadaran akan pentingnya sekolah yang masih terbilang minim.

Dalam bakti sosial ini KEMA Sylva Unhas menurunkan sebanyak 24 volunter. Di sana mereka melakukan sejumlah kegiatan seperti nonton bersama film animasi bertema pendidikan lingkungan, lomba menggambar, lomba mengeja, membuat kalimat dan beberapa permainan lainnya. Selain itu mereka juga menyumbang buku bacaan dan peralatan sekolah kepada siswa.

Andi Muhammad Nur Alam, Badan Eksekutif Keluarga Mahasiswa Kehutanan Sylva Indonesia (PC) Unhas mengatakan, sekolah yang berada dalam kawasan hutan memiliki keterbatasan akses. Untuk itu seharusnya pemerintah memberi perhatian lebih.

Menurut Andi, keberadaan sekolah di pedalaman Sulawesi Selatan ini, adalah pukulan telak bagi mereka. Dari sana mereka lebih banyak membuka mata dan memperhatikan orang-orang yang marginal.

“ Antusiasme siswa membuat saya secara pribadi lebih menghargai pendidikan,” katanya.

Sementara itu, Bulan, salah satu volunteer menyampaikan rasa kagum kepada tiga orang guru dan kepala sekolah SD Moncong Jai. Ia melihat bagaimana perjuangan mereka yang harus mendaki gunung seharian untuk mengajar siswanya. Begitu juga dengan para siswa, mereka harus menyeberangi sungai, datang dengan alas kaki penuh lumpur seadanya untuk belajar.

“Perpaduan yang luar biasa dan tak henti-hentinya membuat kami para volunteer terkagum-kagum. Tak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada para donator,” ungkapnya.

Selain ke SD Moncong Jai, rencananya mereka akan melanjutkan kegiatan “Membawa Dunia ke Rimba Raya” tersebut. Kegiatan kedua ini akan mengambil tempat di Pesantren Darul Ulum Maros yang terletak di Kawasan Tambang Semen Bosowa Marospada 17 Mei 2014 mendatang.

Namun karena sekolah selanjutnya adalah pesantren maka mereka akan memberi muatan materi yang berbeda. Selain itu di sana mereka akan memberi kegiatan tambahan berupa penanaman pohon.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati hari Pendidikan nasional ini juga mengajak para mahasiswa Indonesia untuk membantu mengirimkan donasi berupa buku bacaan, peralatan sekolah, atau uang. Bantua dapat diberikan dengan menghubungi Hikmah di 082337278095.

Sumber : Kabar Kampus

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Mahasiswa Unhas Bakti Sosial di Pedalaman Sulawesi Selatan "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM