News Ticker

Menu

Pemkab Kudus Jalin Kerjasama Dengan Unnes

Kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan kata kunci dalam kemajuan pembangunan suatu daerah. Hal inilah yang mendorong Pemkab Kudus untuk menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes) .

Selain untuk pengembangan dan peningkatan kualitas SDM, Pemkab Kudus juga menjalin kerja sama untuk membina hubungan kelembagaan dalam melaksanakan fungsi pendidikan dan pengabdian masyarakat.
"Kita sudah lakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Kampus Unnes di Semarang. Kerja sama ini selain peningkatan SDM, juga peningkatan bidang kesehatan, pertanian, dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan," kata Bupati Kudus, Musthofa, Jum'at (9/5/2014).

Saat dilakukan penandatangan kerja sama, Musthofa juga telah memaparkan program-program untuk masyarakat yang telah dilakukan Pemkab Kudus lebih sejak tahun 2008 silam. Bahkan, pada bidang pendidikan berhasil meraih Satya Lencana Pembangunan Bidang Pendidikan dari Presiden RI.

"Keberhasilan ini bukanlah prestasi seorang Bupati saja. Tetapi hasil upaya dan jerih payah seluruh jajaran pejabat, terutama bidang pendidikan, dengan dukungan seluruh masyarakat," ujar Musthofa.

Ketika pemerintah pusat belum mencanangkan adanya wajib belajar 12 tahun, Pemkab Kudus telah lebih dahulu mencanangkan program tersebut. Mengingat APK SLTP tuntas paripurna mencapai 104,4 persen.
Menurutnya, hal ini tentunya harus diikuti dengan berbagai upaya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Mulai dari fit and proper test pengadaan pegawai, peningkatan kualitas dan kompetensi guru dan optimalisasi kurikulum pendidikan berbasis karakter.

"Sedangkan bidang kesehatan, sudah terbentuk 132 desa siaga. Ke depan, kerja sama dengan Unnes mengenai pengabdian masyarakat dalam peningkatan kualitas kader desa siaga. Sehingga perlu adanya pendampingan dan pelatihan anggota forum kesehatan," jelasnya.

Dalam bidang lingkungan hidup, Pemkab Kudus telah menerima penghargaan Adipura. Namun ruang terbuka hijau dinilai masih kurang. Selain itu, Kudus juga memiliki produk unggulan asli Kudus, satu diantaranya adalah Duku Sumber.

"Itu semua perlu adanya penelitian dan pengembangan tentang varietas duku tersebut. Sehingga kami mohon dukungan kerja sama untuk konsep pengembangan yang berwawasan lingkungan. Juga pendampingan mengenai green school," tambahnya.

Bidang ekonomi kerakyatan, lanjutnya, Pemkab Kudus telah membuka balai latihan kerja (BLK) untuk mendukung implementasi visi tentang pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan kesempatan kerja yang lebih luas. Program ini perlu didukung dengan adanya peningkatan kualitas instruktur BLK dan pemasaran pascapelatihan.

"Kami juga ada program bedah rumah. Ini sebagai stimulan bagi warga untuk gotong royong dalam membangun tempat tinggal yang layak," lanjutnya.

Yang terpenting, menurutnya, semua implementasi program ini harus mengikuti prinsip 4T. Yaitu tepat aturan, tepat administrasi, tepat sasaran, dan tepat manfaat.

"Melalui dukungan kerjasama dengan Unnes, diharapkan semua program ini bisa berjalan sesuai rencana dan benar-benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Kudus," tandasnya. (*)

Sumber : Tribun Jateng

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Pemkab Kudus Jalin Kerjasama Dengan Unnes "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM