News Ticker

Menu

SBMPTN 2014 Beda Lho dari Tahun Lalu

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) kembali dilaksanakan. Namun, tahukah Anda jika proses ujian tulis masuk perguruan tinggi negeri kali ini berbeda dari tahun sebelumnya?

Menurut Sekretaris I Panitia Lokal Universitas Lampung (Unila) Muhammad Komarudin, terdapat tiga perbedaan pada proses SBMPTN tahun ini. Perbedaan itu terletak pada cara registrasi, waktu pelaksanaan, dan biaya pendaftaran.

"Sebelumnya, proses registrasi dilakukan dengan cara melakukan pembayaran di bank, kemudian baru mendaftar online. Tahun ini proses itu diawali dengan cara melakukan pendaftaran dan pengisian biodata secara online oleh peserta SBMPTN, baru melakukan pembayaran di bank, kemudian konfirmasi secara online lagi dan mencetak kartu ujian," ungkap Komarudin, seperti dikutip dari laman Unila, Kamis (15/5/2014).

Perbedaan selanjutnya terletak pada waktu pelaksanaan ujian. Jika tahun lalu ujian tulis berlangsung selama dua hari, maka pada tahun ini hanya dilakukan dalam satu hari. Ujian tertulis yang akan diadakan pada Selasa 17 Juli itu meliputi Tes kemampuan dan Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Saintek, dan Tes kemampuan Dasar Soshum.

Perubahan juga terjadi pada besarnya biaya pendaftaran. Kalau tahun lalu berkisar antara Rp175 ribu-Rp200 ribu, tahun ini biaya pendaftaran SBMPTN hanya Rp100 ribu.

"Itu berlaku untuk semua pilihan program studi (prodi) mulai dari saintek, soshum, maupun campuran," papar Komarudin.

Mengenai pilihan prodi, peserta dapat memilih tiga prodi sesuai masing-masing kelompok ujian (Saintek, Soshum, dan Campuran). Dari tiga pilihan tersebut, hanya dua prodi yang boleh berada dalam satu PTN yang sama sementara sisanya harus berada di PTN lain.

"Untuk pilihan, setiap peserta diberikan kesempatan menjatuhkan pilihan prodi di dua PTN yang diminati. Peserta SBMPTN dalam satu perguruan tinggi hanya diperkenankan memilih dua prodi, sedangkan satu lagi berasal dari PTN lain," kata Komarudin.

Sementara mengenai lokasi ujian di Lampung, lanjutnya, terdapat 25 titik lokasi dan 542 ruang yang akan digunakan pada saat ujian tertulis masuk PTN 2014. Sebut saja Al Kautsar, GSG Unila, Polinela, Akper Pancabakti, Darmadjaya, SMP 2, SMA 1, dan SMP 1 Lampung.

Di luar panitia, ternyata terdapat beberapa stan posko pendaftaran SBMPTN 2014 yang dibuka mahasiswa. Namun, Komarudin menekankan, panitia lokal Unila tidak memiliki hubungan apa pun dengan keberadaan sejumlah mahasiswa yang membuka posko-posko pendaftaran SBMPTN 2014 itu.

"Jadi tidak ada afiliasinya. Jika ada calon mahasiswa yang ingin menemui kesulitan saat ingin melakukan pendaftaran, bisa langsung mendatangi Sekretariat Panitia Lokal SBMPTN 2014 di Ruang SBMPTN, lantai III gedung Rektorat," jelasnya.

Pendaftaran SBMPTN resmi dibuka sejak 12 Mei 2014 dan berakhir pada 6 Juni 2014. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi SBMPTN, yakni www.sbmptn.or.id.

Sumber : Okezone.com

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " SBMPTN 2014 Beda Lho dari Tahun Lalu "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM