News Ticker

Menu

Tim Debat Bahasa Jawa Unnes Bikin Keok Mahasiswa Universitas Terkemuka Tanah Air

SEMARANG, cahUnnes.com – Prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan menjadi jawara lomba debat bebahasa Jawa tingkat nasional di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Bahkan, dua tim debat Unnes harus bertemu dibabak final setelah sebelumnya menyisihkan lawan di babak penyisihan semifinal.

Melansir laman Unnes, Minggu (11/5/2014), Juara I diraih oleh tim Puji Wuryanto, Victory Arrofiq, dan Uri Pradnasari. Sedangkan juara II diraih oleh Heri Purnomo, Guruh Tri Utomo dan Dani Ardiawan.

Dalam lomba debat tersebut, mereka dituntut untuk menyampaikan argument secara runtut, logis dan sesuai dengan tema. Serta pastinya, harus menggunakan bahasa Jawa ragam krama alus dengan konsisten. Meskipun, sesekali kata-kata bahasa Indonesia tidak lupa dari pengucapan mereka. Namun, hal tersebut lumrah, karena semua tim juga mengalami hal yang sama.

Adapun perguruan tinggi ternama yang tercatat mengikuti kompetisi tersebut yakni Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Surabaya dan Unnes.

“Melalui latihan dan pendampingan, persiapan dilakukan intensif sebulan sebelum pelaksanaan,” tutur dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa yang menjadi pendamping tim lomba Unnes, Ucik Fuadhiyah.
(Bicho)

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Tim Debat Bahasa Jawa Unnes Bikin Keok Mahasiswa Universitas Terkemuka Tanah Air "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM