News Ticker

Menu

Yummy, Terong "Magnum" ala Mahasiswa UB

Jika dilihat dari luar, penampilan cake pops karya mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang ini tampak seperti es krim Magnum. Tak ada yang menyangka jika roti berlapis cokelat itu justru terbuat dari terong.

Tidak percaya? Memang begitulah kenyataannya. Ada-ada saja memang ide kreatif lima mahasiswa semester enam Teknologi Hasil Pertanian (THP) UB, yaitu Juli Barisetiawan, Hana Handayani, Febriananta Vira, Ajeng Andira, dan Ayu Nur Aida.

Mengutip laman UB, Prasetya Online, Kamis (15/5/2014), di bawah bimbingan Jaya Mahar Maligan dan Feronika Happy S, mereka menghasilkan cake pops yang dijuluki I-CEPO. Kepopuleran cake pops di toko-toko roti di Indonesia itu ditangkap oleh Juli dan kawan-kawan untuk membuka lahan bisnis baru.

Di balik bentuknya yang unik, I-CEPO memiliki nilai gizi yang memiliki fungsi kesehatan (fungsional) yang sangat baik bagi tubuh atau yang disebut dengan istilah Food for Spesific Health Use (FOSHU). Terong yang mereka gunakan sebagai bahan baku cake pops itu terbukti mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan kimia pada terong adalah protein, besi, fosfor, kalsium, vitamin B1, B2, C, asam nikotinat isoflavon, dan antioksidan. Jika saat ini terong banyak dijumpai di pasaran sebagai sayur pada lalapan dan masakan, maka pengolahan terong menjadi cake pops merupakan salah satu usaha untuk mempertahankan nutrisi terong sekaligus inovasi untuk meningkatkan nilai jualnya.

Menurut penelitian, terong sangat kaya akan antioksidan utama, yaitu betakaroten serta berbagai nutrisi lain, seperti isoflavon, antioksidan, vitamin C, vitamin B kompleks, besi dan juga fosfor. Hal tersebut membuat terong bermanfaat sebagai penguat sistem kekebalan tubuh atau imun yang hebat.

Semakin pekat warna terongnya, maka semakin banyak kandungan antioksidan dan semakin baik pula untuk sistem imun tubuh. Warna kuning pada terong yang digunakan sebagai bahan baku cake pops ini menandakan kandungan yang sangat kaya akan beta karoten, yaitu sekira 9.900 mkg (32.967 SI) yang setara dengan satu cangkir.

Fakta juga menunjukkan, dengan pengolahan terong dengan pemanggangan dalam oven hanya menghilangkan 20 persen kandungan beta karoten. Sehingga kandungan antioksidan yang ada pada cake pops ini masih terbilang cukup tinggi.

Antioksidan seperti betakaroten berperan untuk meneralkan radikal bebas (free radical scavengers) di dalam tubuh. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat membahayakan kelangsungan hidup manusia, karena dapat merusak sel dan jaringan tubuh, sehingga menyebabkan metabolisme tidak dapat berjalan seperti yang seharusnya.

Mekanisme antioksidan betakaroten sebagai free radical scavengers, yaitu mampu menangkap radikal bebas dengan cara melepaskan satu atom hidro­gen yang kemudian berikatan dengan satu molekul radikal bebas, sehingga sifat molekulnya akan lebih stabil. Dengan meka­nisme tersebut, reaksi radikal dapat dihancurkan atau dikurangi energinya.

Pemberian atom hydrogen ini akan menstabilkan radikal bebas, sehingga akan berhenti melakukan gerakan ekstrim yang dapat merusak struktur lipida, protein, dan DNA (materi genetik) dalam tubuh yang menjadi target kerusakan sel. Dengan terjaganya kesehatan sel-sel dari aktivitas radikal bebas tersebut, maka akan meningkatkan system imun tubuh, dan dapat memperlambat proses penuaan.

Selain itu, antioksidan juga mampu menghalangi reaksi oksidasi kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mencegah viskositas darah menjadi rendah atau mengen­tal. Kemudian juga mampu mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah yang dapat menghalangi terjadinya tahapan inisiasi penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis. Pada akhirnya risiko serangan jantung koroner dan stroke akan berkurang.

Dengan manfaat terong dan adanya lapisan dark chocolate dan taburan kacang pada I-CEPO, lima mahasiswa itu optimistis produk mereka dapat diterima dan disukai pasar. Apalagi, I-CEPO juga dikemas dengan plastic polyethylene transparan food grade yang higienis sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

Sumber : Okezone.com

Share This:

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Yummy, Terong "Magnum" ala Mahasiswa UB "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM